728x90 AdSpace

Latest News

DAPATKAN INFO MENARIK DARI FANSPAGE SHARENESIA

Bantuan Irigasi, Bupati Sukoharjo: Ini Terbesar dalam Sejarah

Bagikan yuk ! :
Bantuan Irigasi, Bupati Sukoharjo: Ini Terbesar dalam Sejarah
Sharenesia -

Metrotvnews.com, Sukoharjo: Wujudkan swasembada pangan dibutuhkan kerja sama dari semua pihak, termasuk daerah. Namun, seringkali daerah-daerah tersebut terkendala dana yang minim untuk meningkatkan produktivitas pertanian.

Maka itu pemerintah melalui Kementerian Pertanian (Kementan) menggelontorkan dana triliunan rupiah untuk bangun saluran irigasi untuk mendukung produktivitas pertanian, utamanya padi. Salah satu yang mendapat dana bantuan pemerintah untuk bangun irigasi adalah Kabupaten Sukoharjo.

Bupati Sukoharjo, Wardoyo Wijaya, mengatakan, Pemerintah melalui Menteri Pertanian (Mentan) Andy Amran Sulaiman telah siap membantu pembangunan saluran irigasi di daerahnya sebanyak 4.500 hektare (ha). Hal ini merupakan kabar gembira bagi warga Sukoharjo, pasalnya bantuan pembangunan saluran irigasi ini merupakan bantuan terbesar dalam sejarah bantuan Kabupaten Sukoharjo.

"Warga Sukoharjo dapat berita gembira, karena Pak Menteri (Pertanian) akan membantu kita untuk bangun 4.500 ha saluran irigasi di Kabupaten Sukoharjo. Seumur-umur baru kali ini mendapatkan bantuan kerja sebesar sekarang ini," ujar Wardoyo, saat memberi kata sambutan dalam nota kesepahaman antara Ditjen Tanaman Pangan Kementan dengan Fakultas Pertanian UGM tentang demonstrasi farming (demfarm), di Desa Dalangan, Kecamatan Tawangsari, Sukoharjo, Selasa (27/1/2015).

Dengan bantuan tersebut, Wardoyo menyatakan siap membantu merealisasikan swasembada pangan yang dicanangkan pemerintah dalam tiga tahun mendatang. "Ini agar program swasembada pangan dapat terealisasi, kami siap," ujar dia.

Ia melanjutkan, selain bantuan pembangunan saluran irigasi, Pemerintah Kabupaten Sukoharjo pun dapat sokongan bantuan pengembangan pupuk ciunik. Pengembangan pupuk yang berasal dari Sukoharjo ini, pemerintah memberi bantuan pupuk sebanyak 5.000 ha.

"Pupuk ciunik ini bisa meningkatkan produktivitas padi hingga dua kali lipat. Pupuk yang berasal dari limbah pabrik ciu ini dapat menghasilkan 9,1 ton per ha," jelas Wardoyo.

Namun dengan pemberian bantuan untuk mengembangkan pupuk ciunik ini, Wardoyo menegaskan akan memberi hasil yang maksimal dengan target capaian produksi hingga 10 ton per ha. "Target Pak Menteri (Pertanian) untuk swasembada pangan, semoga kita bisa meningkatkan padi hingga 10 ton. Mudah-mudahan ini berhasil," pungkas Wardoyo.
AHL 
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Item Reviewed: Bantuan Irigasi, Bupati Sukoharjo: Ini Terbesar dalam Sejarah Rating: 5 Reviewed By: Marlan Rohmansah