728x90 AdSpace

Latest News

DAPATKAN INFO MENARIK DARI FANSPAGE SHARENESIA

Indahnya Kebun Bunga Amarilis Patuk Gunungkidul Yogyakarta

Bagikan yuk ! :
Sharenesia - Indahnya Kebun Bunga Amarilis Patuk Gunungkidul Yogyakarta
Indahnya Kebun Bunga Amarilis Patuk Gunungkidul Yogyakarta
Indahnya Kebun Bunga Amarilis Patuk Gunungkidul Yogyakarta
Bunga amaryllis tumbuh subur di Kecamatan Patuk Gunungkidul. Bahkan juga, bunga ini telah jadi usaha beberapa warga. Sehari-hari, petani dapat jual sampai 500 pot amaryllis. 
Salah satu petani bunga amaryllis Sukadi, 40, menyampaikan, masyarakat lokal menyebutkan bunga itu dengan nama bunga brambang mas. Menurutnya, dengan cara alami bunga itu berbunga satu musim dalam satu tahun. 
“Bunga mekar pada musim penghujan. Tiga minggu sesudah musim hujan bunganya mekar. Bunga ini mulai mekar akhir November, ” tutur dia pada Harianjogja. com saat didapati di ladang bunga kepunyaannya, Dusun Ngasemayu, Desa Salam, Kecamatan Patuk, Selasa (2/12/2014). 
Ia menuturkan, bunga brambang mas saat mekar dapat bertahan sampai 10 hari. Bunga ini banyak yang berminat. Dalam satu hari, Sukadi dapat jual seputar 500 pot. Satu pot diisi enam tangkai bunga yang dihargai Rp5. 000. 
“Selain konsumen eceran, umumnya hotel juga beli dari sini untuk hiasan taman. Termasuk juga yang di Monumen Jogja Kembali Monjali, ” tambah dia. 
Menurut Sukadi, bunga itu telah ada di tempat kepunyaannya mulai sejak 1974. Tetapi, ia baru menekuni usaha bunga mulai sejak 2002. Awalannya, ada orang yang lihat bunga itu saat mekar. Mereka yang melalui, tertarik lalu meminta bunga itu pada Sukadi. 
“Lalu, saya cobalah menjualnya di pinggir jalan. Nyatanya, banyak yang berkeinginan. Pada akhirnya, saya berjualan sampai saat ini, ” tambah dia. 
Sukadi menanam bunga tersebut di tempat seluas 2. 000 mtr. persegi. Ia membudidayakan bunga itu dengan cara alami. Amaryllis dapat dibudidayakan untuk selalu berbunga selama th.. 
“Tapi, saya kesusahan untuk menaruh bunga sejumlah ini agar tak terkena hujan, ” ungkap dia. 
Terkecuali bunga berwarna orange, Sukadi juga membudidayakan bunga amaryllis berwarna merah, merah muda, serta putih. Sesungguhnya dia mau membudidayakan bunga amaryllis berwarna kuning. Tetapi, sampai saat ini ia masih tetap kesusahan memperoleh bibit. 
“Untuk yang warna merah, merah muda, serta putih, satu batangnya saya jual dengan harga Rp50. 000, ” tambah dia. 
Camat Patuk Haryo Ambar Suwardi menyampaikan, bunga amaryllis adalah bunga khas Patuk. Bunga itu, mekar satu kali dalam setahun. 
“Kami menyebutnya bunga puspa Patuk, ” tutur dia.
BACA JUGA :
[Kumpulan Foto] Kebun Bunga Amarilis Gunungkidul Yogyakarta
Bunga Amarilis Hanya Bertahan 2-3 Minggu 
Sumber 
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

1 komentar:

Item Reviewed: Indahnya Kebun Bunga Amarilis Patuk Gunungkidul Yogyakarta Rating: 5 Reviewed By: Marlan Rohmansah